Resensi Novel Laut Bercerita: Sinopsis, Ringkasan, Amanat, Kutipan, Kelebihan dan Kekurangan

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL

Halo sobat Baca Buku Online semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca buku online novel laut bercerita karya Leila S Chudori di bacabukuonline.com! Kali ini kita akan membahas resensi novel laut bercerita beserta strukturnya, sinopsis novel laut bercerita, ringkasan novel laut bercerita, amanat novel laut bercerita, kelebihan dan kekurangan novel laut bercerita, rangkuman novel laut bercerita, ulasan novel laut bercerita, kutipan novel laut bercerita, struktur novel laut bercerita, harga novel laut bercerita, kelebihan novel laut bercerita, nama penerbit novel laut bercerita, nama penulis novel laut bercerita, nama pengarang novel laut bercerita, review cover buku laut bercerita, contoh novel laut bercerita. Nama penulis novel laut bercerita adalah Leila S Chudori atau Leila Salikha Chudori. Novel laut bercerita menceritakan tentang kekejaman yang dirasakan oleh kelompok aktivis mahasiswa di masa Orde Baru. Novel laut bercerita singkat tentang kisah keluarga yang kehilangan, sekumpulan sahabat yang merasakan kekosongan di dada, sekelompok orang yang gemar menyiksa dan lancar berkhianat, sejumlah keluarga yang mencari kejelasan makam anaknya, dan tentang cinta yang tak akan luntur. Banyak orang yang ingin beli novel laut bercerita dan ingin mengetahui harga novel laut bercerita di gramedia. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak reseni laut bercerita dibawah ini.

Baca Juga : Resensi Novel Dikta dan Hukum: Sinopsis, Harga dan Nama Penulis

Dapatkan Resensi Novel dan Buku Lainnya di HP mu dengan Follow dan Klik Bintang DISINI

IDENTIFIKASI NOVEL LAUT BERCERITA

Judul : Novel Laut Bercerita

Genre novel laut bercerita : Historical Fiction

Kutipan novel laut bercerita : “Ketidaktahuan dan ketidakpastian kadang-kadang jauh lebih membunuh daripada pembunuhan.”, “Matilah engkau mati, kau akan lahir berkali-kali...”, “Kematianku tak lebih dari seperti saat seorang penyair menuliskan tanda titik pada akhir kalimat sajaknya.”

Nama penulis novel laut bercerita : Leila S Chudori

Penerbit novel laut bercerita : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)

Tahun terbit novel laut bercerita : 2017

Jumlah halaman novel laut bercerita : 379 halaman

ISBN novel laut bercerita : 9786024246945

Harga novel harga sebuah percaya di gramedia : Rp 75.000

BELI NOVEL LAUT BERCERITA DISINI

SINOPSIS NOVEL LAUT BERCERITA

Novel laut bercerita menceritakan tentang aktivis mahasiswa di masa Orde Baru bernama Laut (Ya, Laut di sini adalah nama tokoh) nama lengkapnya Biru Laut Wibisono yang berkuliah sastra Inggris di UGM. Di kampus, laut bergabung dengan kelompok aktivis Wirasena yang bermarkas di Seyegan atau disebut juga Rumah Hantu. Kelompok Wirasena tersebut terdiri dari Kinan, Sunu, Alex, Daniel, Gala atau Sang Penyair, Gusti, Ahmad, Coki dan Naratama.

Tahun 1998, menjadi tahun yang kelam dan gelap, dimana orang-orang hilang, disiksa, dan dibantai. Pada tahun itu juga, Laut menjadi Sekjen Wirasena sekaligus menjadi buronan pemerintah Orde Baru dan berhasil dijebloskan ke sebuah tempat yang keji. Laut dan teman-temanya disiksa, disetrum berkali-kali, diberi semut rangrang, serta ditendang agar mau memberi kesaksian siapa dalang dari mereka (Wirasena), dan siapa yang membiayai kelompok itu selama ini.

Setelah berhari-hari disiksa, disetrum, dst, Laut dibawa ke sebuah tempat yang sama dengan namanya: Laut. Kemudian ia ditenggelamkan bersama dengan cerita yang belum sempat ia sampaikan kepada Indonesia. Adik Laut ingin sekali meyakinkan kedua orang tuanya bahwa kakaknya Laut tidak akan pulang. Ia sendiri tidak tahu apakah kakaknya masih hidup, sehat, apakah baik-baik saja. Semuanya hanya menjadi tanda tanya.

Sudut pandang novel laut bercerita terdiri atas dua bagian. Bagian pertama mengambil sudut pandang seorang mahasiswa aktivis bernama Laut, menceritakan bagaimana Laut dan kawan-kawannya menyusun rencana, berpindah-pindah dalam pelarian, hingga tertangkap oleh pasukan rahasia. Sedangkan bagian kedua dikisahkan oleh Asmara, adik Laut. Bagian kedua mewakili perasaan keluarga korban penghilangan paksa, bagaimana pencarian mereka terhadap kerabat mereka yang tak pernah kembali. Berusaha mencari secercah harapan tentang saudara; jika masih hidup, dia disekap dimana. Pun jika sudah mati, dimana mereka menguburkannya. Juga tentang perasaan para korban selamat, bagaimana terpenjara nya mereka atas kejadian tersebut.

Untuk mengetahui kisah perjalanan laut dan adik laut beli novel harga sebuah percaya DISINI

UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK NOVEL LAUT BERCERITA

UNSUR INSTRINSIK NOVEL LAUT BERCERITA

1. Tema Novel Laut Bercerita

Tema novel laut bercerita tentang kekejaman yang dirasakan oleh tokoh beranama Laut bersama teman-temannya di masa Orde Baru.

2. Tokoh Novel Laut Bercerita

Biru Laut Wibisono : Tokoh utama novel laut bercerita. Laut adalah seorang mahasiswa program studi Sastra Inggris di Universita Gadjah Mada, Yogyakarta yang menggeluti dunia sastra dan tentunya tidak sedikit buku sastra klasik yang dimilikinya, baik itu buku sastra bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Kinan : Tokoh novel laut bercerita yang memperkenalkan Laut akan organisasi Winatra dan Wirasena.

Sunu, Alex, Daniel, Gala atau Sang Penyair, Gusti, Ahmad, Coki dan Naratama: Tokoh novel laut bercerita yang ikut bergabung dengan organisasi Winatra dan Wirasena.

Asmara : Adik laut yang ingin sekali meyakinkan kedua orang tuanya bahwa kakaknya Laut tidak akan pulang.

Bapak dan Ibu : Keluarga laut yang menjadi korban penghilangan paksa anaknya.

3. Latar Novel Laut Bercerita

Latar novel laut bercerita berlatar tempat di beberapa daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Page 19 15 dan New York. Sedangkan latar waktu menampilkan antara tahun 1991 hingga 2008.

4. Peristiwa Novel Laut Bercerita

Peristiwa novel laut bercerita yang membuat pembaca teringat dan menyentuh hati ketika laut dan mahasiswa lainnya hilang diculik dan tidak diketahui keberadaannya. Saat penculikan dan penyekapan itu, mereka memperoleh siksaan yang sangat tidak manusiawi, bisa dikatakan sangat sadis dan biadab. Mereka semua dipukuli, disiram dengan air es, disetrum, digantung dengan kaki yang berada di atas dan kepala berada di bawah, ditelentangkan di atas batangan es yang sangat dingin, serta penyiksaan lainnya.

5. Alur Novel Laut Bercerita

Alur novel laut bercerita adalah alur mundur atau kilas balik.

6. Sudut Pandang Novel Laut Bercerita

Sudut pandang novel laut bercerita ditulis dalam sudut pandang pertama 'Aku' dari kedua karakter Biru Laut Wibisono dan Asmara Jati.

7. Gaya Bahasa Novel Laut Bercerita

Gaya bahasa novel laut bercerita terbilang mudah dipahami sebab tak adanya istilah atau ungkapan asing yang menjadikan para pembaca sukar memahami isi cerita.

8. Amanat Novel Laut Bercerita

Amanat novel laut bercerita adalah para pejuang rela untuk jatuh, lalu bangkit dengan harapan agar kelak di masa mendatang, semua tidak sama layaknya di zaman mereka.

Baca Juga : Resensi Novel Septihan : Review, Harga, Sinopsis dan Jumlah Halaman

UNSUR EKSTRINSIK NOVEL LAUT BERCERITA

1. Nilai Moral Novel Laut Bercerita

Nilai moral laut bercerita terdiri atas lima nilai pokok yaitu nilai religius berupa kepasrahan, ibadah; nilai nasionalis berupa menentang rezim keji; nilai mandiri berupa kerja keras, nilai gotong-royong berupa solidaritas; dan nilai integritas berupa setia, dapat dipercaya.

2. Nilai Sosial Novel Laut Bercerita

Nilai sosial novel laut bercerita adalah cara agar seorang manusia dapat memanusiakan manusia dari segala aspek. Tak hanya itu, novel Laut Bercerita dapat menjadi bahan teguran untuk negeri ini bahwa masih ada hal yang belum terselesaikan. Mereka, para aktivis atau orang-orang yang sengaja dihilangkan, layak untuk memperoleh dan mendapatkan bentuk keadilan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NOVEL LAUT BERCERITA

1. Kelebihan Novel Laut Bercerita

Kelebihan novel laut bercerita adalah visualisasi karakter dan suasana dalam novel ini tampak sungguhan alias nyata. Novel ini memang berdasarkan kisah nyata pengalaman dari para aktivis yang sempat hilang dan diculik pada Maret tahun 1998 lalu, kemudian 9 berhasil kembali dan 13 lainnya dinyatakan hilang. Tak heran jika, novel laut bercerita dinobatkan sebagai novel dengan genre historical fiction terbaik.

Sebagai orang awam yang hanya mempelajari HAM lewat buku cetak PPKn di sekolah, dari buku inilah mendapat perspektif baru. Bagaimana banyaknya orang yang hilang itu bukan sekedar angka, tetapi pembuktian bahwa kasus mereka belum tuntas. Setiap kata yang tertulis di surat demi surat membuat para pembaca dapat merasakan emosi dari si pengirim surat. Bahasa yang digunakan di novel ini mudah dipahami dalam mengulas sejarah Indonesia yang tidak tercatat di buku sekolah.

2. Kekurangan Novel Harga Laut Bercerita

Kekurangan novel laut bercerita adalah alur cerita yang digunakan ialah alur campuran atau maju mundur. Apabila para pembaca yang belum terbiasa dengan alur tersebut, akan cenderung kesulitan atau bingung. Hal itu karena dibutuhkannya sikap fokus dan pemahaman secara saksama supaya dapat mengikuti alur cerita dengan baik.

Isi novel ini masih memiliki ejaan yang salah seperti “menganalisa” yang seharusnya “menganalisis”, kata “praktek” yang seharusnya “praktik”. Juga ada beberapa kata yang salah ketik. Serta penggunaan bahasa Jawa dalam dialog yang kurang dimengerti beberapa pembaca luar Jawa.

KESIMPULAN NOVEL LAUT BERCERITA

Novel laut bercerita sangat cocok dibaca bagi para mahasiswa, organisasi-organisasi kampus, para politikus, atau para orang-orang yang bercerita tentang kebebasan. Kisah yang dialami oleh tokoh Laut dan rekan-rekannya yang hilang di rezim Orde Baru pun tidak akan habis termakan waktu. Sebab memang kenyataan hal itu terjadi di negeri ini, bahkan hilangnya beberapa aktivis di masa 1998 tidak ada titik temu hingga saat ini.

Itulah resensi novel laut bercerita. Setelah membaca tentang resensi novel laut bercerita diatas, apakah kamu tertarik membacanya secara lengkap? Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu. Jika ada pertanyaan permintaan resensi novel dan buku lainnya bisa menghubungi kami melalui email kpopsquadmedia@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan bacabukuonline.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di bacabukuonline.com? hubungi kpopsquadmedia@gmail.com