Review Wisata Pulau Seribu Terbaru, Ada Apa Saja?

Berikut ini review wisata pulau seribu yang wajib kamu ketahui. Meskipun lokasinya berada di sebelah Pantai Utara Jakarta, tetap saja Pulau Seribu menjadi favorit wisatanya masyarakat tanah air. Sebelum benar-benar berlibur ke Pulau Seribu, baca dulu yuk review wisata Pulau Seribu berikut ini.

Wisata Pulau Seribu, Disebut Sebagai Pulau Bersejarah

Pertama kali mendengar nama Pulau Seribu, apakah kamu juga berpikir jumlah pulaunya ada seribu? Ternyata tidak, hanya 110 pulau saja. Penamaan ini berawal dari jumlah pulaunya yangs angat banyak.

Meskipun Pulau Seribu memiliki ratusan pulau tapi tidak semuanya berpenghuni, hanya beberapa saja. Itupun ramai karena banyak pengunjung yang melakukan perjalanan wisata ke pulau tersebut.

Masih banyak simpang siur terkait wilayah Pulau Seribu ini sebenarnya masuk ke provinsi mana. Secara pemerintahan, Pulau Seribu masuk ke dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta. Namun, jika secara geografis, ternyata lebih dekat dengan Kabupaten Tangerang.

Dampak dari hak milik wilayah yang tidak jelas ini membuat Pulau Seribu masih sering diperebutkan. Terakhir kali yaitu di tahun 2007, dimana Banten mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Konstitusi tentang pengesahan revisi UU No 34 Tahun 2000 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai ibukota negara.

Unsur sejarah dari Pulau Seribu sangatlah banyak. Bahkan ceritanya ini tertulis jelas di berbagai buku sejarah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya makam tokoh terkenal di beberapa Pulau Seribu, seperti Sultan Mahmud Zakaria hingga Raja Pandita.

Hal Menarik yang Ditemukan di Pulau Seribu

Selanjutnya, kami akan memberikan review wisata Pulau Seribu terkait hal-hal menarik yang wajib untuk kamu ketahui. Kamu bisa buktikan bahwa fakta menarik ini memang dimiliki oleh Kepulauan Seribu saat berlibur nanti.

1. Mempunyai Flora dan Fauna Terbanyak

Pulau Seribu disebut sebagai wilayah Taman Nasional yang punya pelestarian alam terbaik. Jadi, tidak perlu heran kenapa catatan flora dan fauna disini sangatlah banyak.

Oleh karena itulah, Pulau Seribu juga sering menjadi tempat edukasi bagi anak-anak. Dengan berlibur sambil belajar flora dan fauna pastinya membuat pelajaran terasa lebih menyenangkan dan nempel di otak.

Karena jumlahnya sangat banyak, guru juga semakin mudah untuk mengenalkannya pada anak-anak secara langsung.

2. Adanya Monumen Nasional Dalam Air

Siapa bilang hanya ibukota Jakarta saja yang punya Monumen Nasional, Pulau Seribu pun punya tapi letaknya berada di dalam air. Bisa dibayangkan seperti apa keunikannya dalam air?

Pendirian monas di dalam air ini memang sengaja dilakukan sebagai bentuk pelestarian dari terumbu karang dan biota laut. Selain itu, ini juga hanya bangunan replikasi dari tugu Monas yang asli kok.

3. Ada Pulau Gosong yang Unik

Alasan disebut Pulau Gosong karena memang kawasannya dijadikan oleh wisatawan sebagai tempat khusus untuk berjemur atau sunbathing. Lokasinya cukup unik loh dari Pulau Seribu lainnya.

Hal ini dikarenakan, Pulau Gosong tidak memiliki pepohonan untuk berteduh. Jadi, kamu hanya akan ditemani oleh hamparan pasir yang sangat luas, karang-karang, dan disertai deburan ombak pantai selama berjemur. Jika kamu tahan panas, wajib banget coba pengalaman sunbathing ala Pulau Gosong.

Itulah review wisata Pulau Seribu yang singkat dan padat. Saking banyaknya pesona alam dari Pulau Seribu, rasanya tak cukup untuk mengeksplor pulaunya hanya dalam waktu 1–3 hari saja. Jika perlu, kamu membuat long trip untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang Pulau Seribu lainnya.