Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alam Gunung

Ada beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat yang bisa kamu jadikan referensi. Namun, apakah kamu tahu apa itu teks laporan hasil observasi singkat? Pengertian teks laporan hasil observasi singkat adalah jenis teks laporan penelitian yang berisi penjelasan dan informasi objek tertentu. Objek teks laporan hasil observasi singkat meliputi tumbuhan, lingkungan, hewan, dan lain-lain. Untuk struktur teks laporan hasil observasi singkat terdiri dari pernyataan umum, struktur deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. Agar lebih jelas, yuk simak ciri-ciri teks laporan hasil obervasi singkat dan contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang alam gunung dibawah ini.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

1. Teks laporan hasil observasi singkat bersifat objektif, penulis laporan hasil observasi tak dibenarkan untuk memihak pada salah satu pihak tertentu saja. Namun harus bisa memberikan laporan sesuai dengan fakta hasil penelitian yang dilakukannya.

2. Teks laporan hasil observasi singkat sesuai dengan hasil penelitian yang faktual. Penulis teks laporan hasil observasi singkat tak boleh menuliskan laporan hanya berdasarkan perkiraan, karangan apalagi khayalan atau imajinasi semata.

3. Sifat teks laporan hasil observasi singkat bersifat khusus, artinya penjelasan laporan dilakukan dengan lebih terperinci dan terhindar dari hal-hal di luar bahasan penelitian.

4. Data hasil penelitian dari teks laporan hasil observasi singkat disajikan dengan lengkap serta urut. Penulis laporan hasil observasi singkat harus bisa melaporkan hasil penelitian sesuai dengan langkah dan metode yang ada dalam penelitian yang dilakukannya.

5. Bahasa teks laporan hasil observasi singkat mudah dipahami.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alam Gunung

Pernyataan Umum

Gunung memiliki ekosistem yang khas dan dikonservasikan dalam bentuk kawasan lindung seperti Taman Nasional dan Hutan Lindung. Tentu saja didalamya ada flora dan fauna. Berdasarkan data ketinggian, Gunung Everest di Himalaya, Asia menempati peringkat tertinggi di bumi. Puncak ketinggian gunung everest mencapai 8.850 m (29.035 ft) di atas permukaan laut rata-rata. Gunung tertinggi di antara semua planet Tata Surya adalah Olympus Mons di Mars dengan ketinggian 21.171 m (69.459 ft). Sedangkan di Indonesia, gunung tertinggi adalah Gunung Puncak Jaya atau Jaya Wijaya di kabupaten Puncak Jaya, Papua. Ketinggian gunung puncak jaya mencapai 4.884 mdpl, lebih tinggi dibandingkan 400 gunung lebih yang terbentang di sepanjang wilayah Indonesia.

Deskripsi Bagian

Setiap tahun, sejumlah gunung api di dunia mengalami kenaikan aktivitas vulkanik dan beberapa gunung ada yang meletus. Ada beberapa dampak dari letusan gunung api seperti kerusakan rumah, kerusakan ladang hingga ternak, dan berbagai risiko masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan akibat gas beracun dan abu vulkanik, iritasi mata akibat hujan asam, dan luka bakar akibat semburan lava. Selain itu, pergeseran tanah yang diakibatkan letusan gunung api menjadi salah satu penyebab bencana tanah longsor. 

Deskripsi Manfaat

Aktivitas vulkanik gunung api tidak akan berhenti dan berlangsung sepanjang waktu. Jadi, perlu ada penyuluhan mengenai letusan gunung api terhadap warga sekitar. Langkah-langkah mitigasi menghadapi gunung meletus penting dilakukan. Mulai dari tempat mengungsi yang terjangkau dengan cepat, jalur evakuasi yang mudah dipahami, persediaan makanan dan kebutuhan selama di pengungsian dan lain sebagainya. Meski memberikan cukup banyak dampak buruk, gunung juga memberikan manfaat untuk masyarakat seperti lahan yang subur untuk pertanian dan perkebunan. Selain itu, gunung bisa menjadi tempat wisata alam yang menarik. Tentu akan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Itulah contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang gunung. Dengan contoh teks laporan hasil observasi diatas, kamu bisa mengetahui beberapa hal mengenai gunung. Mulai dari data gunung di dunia dan indonesia hingga metode mitigasi menghadapi gunung api meletus. Ini sangat relevan dengan tujuan teks laporan hasil observasi singkat yaitu untuk menemukan metode baru, menemukan solusi dari sebuah permasalahan, bisa membantu pengambilan keputusan, mengawasi dan mengetahui apakah ada perkembangan pada masalah yang dihadapi. Semoga bermanfaat!