Resep Orok Orok Makanan Khas Banyuwangi

Resep Orok Orok Makanan Khas Banyuwangi

Suka kuliner Banyuwangi? Resep orok orok makanan khas Banyuwangi bisa dicoba. Indonesia terkenal dengan banyaknya pilihan resep bumbu masakan khas di setiap wilayahnya. Masakan atau makanan tradisional menjadi salah satu nilai daya tarik setiap daerah. Salah satunya adalah orok orok yang menjadi makanan khas dari Banyuwangi.

Orok orok di Banyuwangi juga biasa disebut dengan orog orog. Meskipun masuk dalam kategori makanan cukup sederhana, namun cita rasanya yang lezat membuatnya populer di tengah masyarakat. Silahkan mencoba membuat sendiri di rumah dengan mengikuti panduan resep orok orok makanan khas Banyuwangi di bawah ini.

Resep Orok Orok Makanan Khas Banyuwangi

Umumnya di beberapa daerah memiliki makanan khas yang hampir sama. Namun tetap saja ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara masing-masing makanan tersebut. seperti orok orok khas Jepara dan Banyuwangi yang cukup berbeda.

Pada dasarnya makanan orok orok Banyuwangi ini masih bisa ditemukan secara mudah. Rata-rata bisa ditemukan di pedagang pasar tradisional di Banyuwangi. Namun jika malas keluar tentunya bisa membuatnya sendiri di rumah. Terlebih makanan ini bisa dibuat dengan cara yang mudah dengan bahan cukup sederhana.

Jika orok orok Jepara memakai tepung aren, maka orok orok Banyuwangi menggunakan tepung beras. Umumnya makanan tersebut masuk jajanan populer dalam kategori kue-kue tradisional. Berikut resep orok orok makanan khas Banyuwangi mulai dari bahan serta cara pembuatannya:

Bahan Pembuatan:

  • Tepung beras secukupnya
  • Kelapa secukupnya
  • Gula jawa secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan diatas, bisa langsung menuju dapur dan membuatnya. Untuk itu silahkan mengikuti panduannya secara lengkap seperti berikut:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat orok orok adalah persiapan alat lebih dulu. Disini ada beberapa alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya, seperti pengukus dan pemarut kelapa.
  2. Setelah menyiapkan alat, bisa mulai mengolah tepung beras sebagai bahan utamanya. Silahkan mengambil tepung beras lalu kukus kurang lebih selama 15 menit.
  3. Jika tepung beras sudah dikukus angkat dan diamkan kurang lebih selama 24 jam atau satu hari penuh.
  4. Esok harinya bisa kembali mengukus adonan kemarin dengan jangka waktu yang sama, yaitu 15 menit. Jika sudah silahkan angkat dan dinginkan dalam jangka waktu beberapa menit.
  5. Selanjutnya beralih kepada bahan kelapa, yang menjadi pelengkap cita rasa dari orok orok Banyuwangi tersebut. Pertama siapkan wadah untuk memarut kelapa secukupnya saja.
  6. Untuk bahan gula ini nantinya akan dipakai dalam memberikan cita rasa manis dari orok orok Banyuwangi tersebut. Untuk itu perlu menyisir atau mengiris gula jawa tersebut sesuai kebutuhan.
  7. Jika semua bahan sudah siap maka hanya perlu menyajikan orok oroknya. Untuk penyajian silahkan mengambil piring dan taruh orok orok atau kukusan tepung beras diatasnya. Selanjutnya silahkan taburkan parutan kelapa segar bersama dengan gula jawa, yang sebelumnya sudah diiris.
  8. Disini orok orok khas Banyuwangi sudah siap dinikmati.

Berbeda dengan menu orok orok dari Jepara biasanya dipakai sebagai hidangan pelengkap bersama nasi pecel, sate kikil atau bakso. Namun ketika menikmati orok orok khas Banyuwangi paling khas menjadi hidangan camilan dengan cita rasa manis dan gurih dari parutan kelapa tersebut.

Makanan ini sangat cocok menjadi camilan bersama keluarga di rumah. Maka dari itu bagi yang ingin mencoba membuat orok orok Banyuwangi sendiri di rumah, silahkan mengikuti panduan resep orok orok makanan khas Banyuwangi di atas. Semoga sukses!