Cara Memulai Bisnis bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis bagi Pemula

Memulai bisnis memang butuh modal yang lumayan agar bisnis tidak mati di tengah jalan. Nah, kira-kira sudah berapa nih modal yang dikumpulkan untuk memulai bisnis? Jangan cemas dulu. Meskipun tidak ada tabungan, Anda tetap bisa berbisnis kok yaitu dengan mengajukan pinjaman tunai di tempat pinjaman terpercaya seperti Moxa.id.

Cara Memulai Bisnis Bagi Pemula

Agar tidak salah langkah, Anda wajib baca dulu beberapa tips memulai bisnis bagi pemula ini. Mulai dari penyiapan modal hingga maintenance usaha.

1. Menentukan Jenis Usaha

Menentukan Jenis Usaha

Jika pergi dan jalan-jalan ke pasar, mungkin Anda bisa mendapatkan banyak ide cemerlang dari sana. Namun, jika masih bingung dan ragu untuk memulainya, Anda bisa coba melakukan hal-hal yang disukai.

Maksudnya disini adalah menjadikan hobi sebagai ide usaha. Seperti apa contohnya? Suka memasak, Anda bisa membuka usaha kuliner rumahan atau katering rumahan. Kira-kira sudah terbayangkan belum apa usaha yang akan dibangun?

Oh ya, pastikan untuk tidak memilih usaha yang sifatnya musiman dan hanya bisa diterapkan dalam jangka waktu yang sangat singkat ya!

2. Mulai Riset

Mulai Riset

Di tahap inilah untuk menilai apakah ide usaha yang didapatkan tadi memang worth it untuk dicoba atau tidak. Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu, baik itu riset kompetitor maupun target pasarnya.

Anda harus bisa menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan kompetitor. Sehingga, value yang dimiliki membuktikan bahwa Anda bukanlah plagiat.

Dalam melakukan riset ini, penting juga untuk mempertimbangkan hal-hal yang sedang trend saat ini. Ini memang salah satu cara yang sangat efektif untuk membuat usaha lebih cepat viral di mata masyarakat.

3. Tentukan Anggaran

Tentukan Anggaran

Untuk mengelola bisnis agar berjalan dengan baik, hal finansial seperti penetapan anggaran harus dibuat serapi dan sedetail mungkin. Ini untuk menghindari adanya krisis ekonomi di tengah-tengah naiknya usaha nanti.

Anggaran bisnis ini bisa membuat biaya operasional hingga kebutuhan usaha. Anda juga harus tahu dari mana bisa mendapatkan modal atau pinjaman tunai untuk memenuhi semua anggaran tersebut.

Salah satunya, bisa mengajukan pinjaman tunai di Moxa.id. Layanan keuangan ini sudah beroperasi secara resmi beberapa tahun yang lalu dengan tenor yang bervariasi dan suku bunga rendah. Jadi, tidak perlu khawatir dengan sistem pembayarannya.

4. Kapan Ingin Memulai Bisnis?

Setelah memiliki modal, tentukanlah kapan ingin memulai usaha ini. Jangan terlalu terburu-buru dalam menentukan waktu ini. Dikarenakan, bisnis bukanlah permainan yang bisa dimulai dan diakhiri kapan saja.

Pastikan Anda benar-benar sudah siap secara jasmani dan rohani dengan segala risiko ke depannya. Siapkan juga apa saja plan A hingga plan C apabila terjadi kendala-kendala tertentu.

5. Susun Strategi Promosi

Sebelum benar-benar memulai bisnis, susun dulu seperti apa sih strategi promosi yang ingin diterapkan nantinya. Misalnya, ingin memanfaatkan sosial media, website, ataupun pamflet di jalanan.

Ini adalah salah satu kunci suksesnya sebuah usaha. Apalagi, untuk bisnis yang masih baru dan belum punya pelanggan.

Dalam berbisnis, segala keputusan harus dipikirkan dan dibuat dengan pemikiran yang matang agar tidak menjadi bumerang untuk usaha Anda.

Nah, termasuk salah satunya saat memilih penyedia pinjaman tunai untuk modal usaha. Keuangan adalah salah satu alasan kenapa banyak bisnis yang harus gulung tikar. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah yang benar-benar sudah terjamin legalitasnya seperti di Moxa.id.

Download aplikasi Moxa dan mulai ajukan pinjaman dana tunai dengan atau tanpa jaminan untuk modal usaha. Mulai dari Rp 1 juta - Rp 500 juta rupiah dengan periode tenor pinjaman panjang dan dipilih sesuai kebutuhan mulai dari 2 bulan hingga 5 tahun.

Download Sekarang