Tips Menang Lomba Cerpen Online, Ini Rahasianya!

Memiliki kemampuan menulis cerpen sebaiknya dikembangkan dengan baik. Dimana kamu bisa mengembangkannya dengan mengikuti lomba cerpen. Saat ini banyak lomba menulis cerpen yang diadakan oleh lembaga pemerintah. Lembaga pemerintah yang sering mengadakan lomba ini adalah kementerian, organisasi masyarakat, lembaga mahasiswa, organisasi sekolah dan sebagainya.

Selain lembaga sekolah, penerbit-penerbit buku populer di Indonesia juga sering mengadakannya. Sering mengikuti lomba menulis cerita pendek akan menambah pengalaman dan membuat tulisan cerita pendek semakin bagus.

Ikut lomba tentu saja kamu ingin menjadi pemenangnya. Untuk menjadi pemenang bukan suatu yang mudah. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menang lomba cerpen. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips menang lomba cerpen online.

7 Tips Menang Lomba Cerpen Online

Dikutip dari laman https://berita.99.co, cerita pendek adalah sebuah tulisan tentang kisah pendek yang isinya tidak lebih dari 10.000 kata dan berisi tentang seorang tokoh. Saat ini lomba cerpen tidak hanya diadakan secara offline tetapi juga online.. Kira-kira apa saja tips agar menenangkan lomba cerpen yang diikuti? Berikut beberapa rahasianya:

1. Perhatikan Ketentuannya

Tips pertama agar kamu bisa memenangkan lomba cerpen yang diikuti adalah dengan memperhatikan ketentuannya. Meski tulisan yang kamu buat sangat bagus dan menarik, kamu tidak akan menjadi pemenangnya jika tidak memenuhi ketentuan yang ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Dalam lomba cerpen online yang diselenggarakan oleh beberapa media cetak, kamu dan peserta lainnya harus memenuhi beberapa ketentuan yang ditentukan. Seperti jumlah kata, batas maksimal pengumpulan cerpen, menyebarkan informasi lomba dan sebagainya. Pastikan kamu membaca semua ketentuan dengan teliti dan mematuhinya.

2. Sesuaikan dengan Tema yang Ditentukan

Setiap lembaga pemerintah atau penerbit yang mengadakan lomba cerpen, ada yang membebaskan tema cerpen dan ada pula yang menentukan temanya. Jika lomba cerpen yang kamu ikuti mengharuskan pesertanya untuk menulis cerpen sesuai dengan tema yang ditentukan, maka kamu harus membuat karya sesuai tema tersebut.

Kesesuaian tulisan dengan tema menjadi salah satu kriteria dalam penilaian. Akan tetapi, jika lomba yang diikuti membebaskan tema yang ditulis berarti kamu bebas menulis apa saja. Meski begitu kamu harus menulis cerpen sebaik mungkin agar bisa menjadi pemenangnya.

3. Lakukan Brainstorming Terlebih Dahulu

Dalam membuat cerita yang bagus dan menarik, tentu kamu tidak bisa asal menulis. Supaya cerita yang dihasilkan bagus, alangkah lebih baik untuk melakukan brainstorming atau proses menemukan ide terlebih dahulu.

Proses menemukan ide ini menjadi proses yang paling lama. Hal ini dikarenakan untuk menemukan ide yang pas dan sesuai dengan pikiran serta hati itu tidaklah mudah. Meski begitu, kamu tulisan harus selesai sesuai waktu yang ditentukan.

4. Menulis Cerpen yang Berbeda dan Unik

Namanya juga lomba pasti ada dewan juri yang akan menilai tulisan yang dibuat. Menulis cerpen dengan cerita yang biasa saja tentu akan sulit untuk menjadi pemenangnya. Dari sekian banyak naskah cerpen, dewan juri akan memilih tulisan yang paling menarik untuk dijadikan pemenang. Oleh karena itu, kamu harus mencoba untuk menulis cerpen dengan cerita yang berbeda dan unik.

Menulis cerpen dengan cerita yang berbeda dan unik bukan berarti menulis cerita yang tidak masuk akal. Pastikan cerita yang dibuat bisa diterima dan dipahami oleh para pembacanya. Sebelum menulis kamu harus rajin membaca dan menggali banyak informasi agar ide cerita bisa lebih berkembang. Cerita yang unik itu berawal dari ide yang tidak biasa.

5. Jangan Melakukan Plagiat

Tips menang lomba cerpen online selanjutnya adalah jangan melakukan plagiat. Sebesar apapun keinginan-mu untuk menjadi pemenang, kamu harus tetap menulis sesuai dengan kemampuan dan jangan pernah melakukan plagiat. Sebagus apapun tulisan yang dibuat jika itu plagiat tentu kamu tidak akan bisa menang karena itu merupakan salah satu betuk kecurangan.

Melakukan plagiat tentu akan sangat merugikan karena bisa saja namamu diblacklist dari peserta lomba. Tidak apa-apa jika belum bisa menang, itu bisa dijadikan motivasi untuk terus memperbaiki tulisan agar lebih baik lagi. Jangan menyerah karena ada banyak lomba berikutnya yang bisa diikuti.

6. Membuat Jadwal Menyelesaikan Tulisan

Setiap lomba tentu mempunyai timeline. Dimana kamu bisa memanfaatkan timeline tersebut sebagai petunjuk, kapan saatnya untuk mulai menulis dan mengirimkannya. Menulis cerita pendek membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Supaya bisa mengirim tulisan tepat waktu, jangan menulis mendekati timeline.

Waktu yang panjang bisa membuat kamu menjadi lebih nyaman dan tenang dalam menulis. Selain itu, kamu juga memiliki lebih banyak waktu untuk memeriksa ejaan atau ketentuan yang mungkin saja terlewatkan. Oleh karena itu, disarankan untuk menyiapkan jadwal menulis.

7. Lakukan Editing Sebelum Dikirim

Sebelum tulisan yang dibuat dikirim, jangan lupa untuk melakukan proses editing terlebih dahulu. Proses editing ini bisa dilakukan beberapa kali hingga tulisan dirasa sudah benar-benar bagus. Berapa kali proses editing yang dilakukan tergantung banyak sedikitnya isi cerpen.

Semakin banyak isinya maka proses editing yang dilakukan semakin lama. Meski begitu, jangan sampa mengirim tulisan melebihi batas waktu yang sudah ditentukan ya!

Itulah beberapa tips menang lomba cerpen online. Jika kamu ingin menjadi pemenang lomba cerpen, disarankan untuk menerapkan tips-tips yang disebutkan diatas.