Resensi Novel pada Senja yang Membawamu Pergi

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL


Halo sobat bacabukuonline.com semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca buku online di bacabukuonline.com! Kali ini kita akan membahas resensi novel pada senja yang membawamu pergi. Nama penulis novel pada senja yang membawamu pergi adalah Boy Candra. Boy candra adalah penulis novel asal Padang, Sumatera Barat. Untuk lebih lengkapnya, simak resensi novel pada senja yang membawamu pergi dibawah ini.

IDENTITAS BUKU

Judul Buku : Pada Senja Yang Membawamu Pergi

Penulis : Boy Candra

Penyelaras : eNHa

Desainer Sampul : Agung Nugroho

Ilustrasi Isi : Gita Ramayudha

Penata Letak : Gita Ramayudha

Jenis Novel : Novel Fiksi

Penerbit : GagasMedia

Tahun Terbit : 2016 (Cetakan Pertama)

Kota Terbit : Jakarta Selatan

Tebal Buku : 13 x 19 cm

Jumlah Halaman : vii + 248 halaman

Nomor ISBN :  978-979-780-864-8

Harga : Rp. 65.000,-

SINOPSIS

Novel pada senja yang membawamu pergi menceritakan tentang sepasang kekasih bernama Gien (Gie) dan Kaila. Hubungan Gien (Gie) dan Kaila harus usai setelah 2 tahun karena Gie yang terlambat menemui Kaila pada suatu sore bertepatan dengan hari ulang tahun Kaila dan hari jadi hubungan mereka. 

Kaila adalah gadis yang sangat mengingat moment apapun dan hampir merayakan semuanya. Sedangkan Gie tidak begitu suka mengingat dengan hal seperti itu. Bagi kaila, mengingat hari jadian adalah cara untuk menguatkan fondasi hubungan. Sedangkan bagi gie, cinta bukan dihitung dengan hari, malainkan untuk dijalani sepenuh hati.

Putusnya hubungan Gien (Gie) dan Kaila, membuat kehidupan Gien (Gie) berbeda dan semua terasa begitu cepat. Beruntung, Gien (Gie) punya tiga sahabat yaitu Andre, Randi, dan Putri yang selalu menemaninya. Disaat hati Gien (Gie) yang sakit, Gien (Gie) juga harus menyelesaikan skripsi untuk lulus kuliah. Setelah banyak melewati cobaan yang begitu berat, Gien (Gie) bertemu dengan wanita bernama aira. Hubungan Gien (Gie) dan aira semakin dekat.

Seiring berjalanya waktu, sahabat Gien (Gie) bernama Putri lulus kuliah dan pergi ke Jakarta meninggal Gien (Gie) dan dua sahabat lainnya. Pada suatu waktu Putri mengirim surat ke Gie. Isi surat itu tentu mengejutkan. Apa isinya?

Untuk mengetahui isinya, kamu bisa membeli novel Pada Senja Yang Membawamu Pergi.

UNSUR INTRINSIK

Tema : Sebuah Kisah Cinta dan juga Edukasi Yang Membara.

Tokoh dan Penokohan :

a). Gian Arianto/Gie (Sabar, solid, memiliki semangat tinggi dalam mengembangkan Bahasa Indonesia).

b). Putri ( Rajin dan Ulet, Bijak, cerewet/perhatian, Semangat dalam belajar, solid).

c). Randi (Playboy , pemalas dan selalu mengandalkan Putri kala tugas kuliah namun solid kepada sahabatnya).

d). Andre (Pendiam, Pandai, solid, senang berhadapan dengan laptop).

e). Kaila (Baik, romantis).

Alur : Alur yang digunakan dalam novel pada senja yang membawamu pergi adalah alur maju dimana cerita yang ditulis sangatlah runtut dan sinkronis antara kejadian satu dengan yang lainnya.

Sudut Pandang : Sudut pandang yang digunakan dalam novel pada senja yang membawamu pergi adalah sudut pandang orang orang ketiga, karena penulis disini berposisis seolah dia tahu segalanya yang terjadi dan dialami Tokoh.

Amanat :

Di dalam novel pada senja yang membawamu pergi kita belajar bahwa kesederhanaan mimpi yang dimiliki yang dimiliki Gie, yaitu mengabdi untuk menjadi pengajar Bahasa Indonesia dan meneruskan Bimbel Ayahnya. Sebuah pengabdian yang akhirnya diabadikan dalam sebuah penghargaan.

Urusan cinta jangan sampai mengganggu pendidikan apalagi kesehatan.

Mimpi itu adalah bunga tidur dan akan hilang ketika bangun. Namun impian adalah sesuatu yang harus kau capai ketika kau bangun.

Maka, bangun dan kejarlah impian mu.

Sejauh apapun jarak dan tantangan, jika Tuhan mentakdirkan bersama dalam suatu ikatan maka apapun akan dilakukan.

KEUNGGULAN BUKU

Pada senja yang membawamu pergi adalah sebuah novel yang bernuansa romansa dan juga pendidikan. Terdengar biasa memang, namun dengan kepiawaian Boy Candra dalam mengolah kata sehingga tertimbul rasa kepada pembaca, membuat novel ini terasa berbeda dan menarik untuk dibaca. Dengan susunan-susunan kata yang membuat pembaca menerka bagaimana kelanjutannya menjadi salah satu keunikan buku ini. Desain yang dibuat pun ditata begitu apik dan ciamik. Perpaduan gambar senja di sebuah stasiun menegaskan judul.

KEKURANGAN BUKU

Agak bingung jika tidak ada daftar isi di dalam sebuah buku.

KESIMPULAN

Novel pada senja yang membawamu pergi merupakan novel bergenre romansa dan pendidikan. Menceritakan kisah seorang anak kuliahan yang hidup di perantauan bersama tiga kawannya yang selalu menemani di kala setiap keadaan. Mengejar impian dalam mengenyam pendidikan dan juga kisah asmara mereka yang diceritakan secara runtut dan sinkronis.

Itulah resensi novel pada senja yang membawamu pergi secara lengkap. Setelah membaca tentang resensi pada senja yang membawamu pergi di atas, apakah kamu tertarik membacanya secara lengkap? Jangan lupa share artikel ini kepada temanmu. Jika ada pertanyaan permintaan resensi novel dan buku lainnya bisa menghubungi kami melalui email rizkiindraprasetyawan@gmail.com. Atau ada keinginan untuk kerjasama dengan bacabukuonline.com seperti pasang iklan, promosi buku, promosi penulis dan lainnya bisa menghubungi email diatas.

Ingin pasang iklan di bacabukuonline.com? hubungi rizkiindraprasetyawan@gmail.com